about me

Jumat, 21 Februari 2014

Fahma Waluya, Pembuat Game Termuda di Dunia yang Punya Mimpi Besar



Ide-ide untuk games atau aplikasi bagi Fahma bisa datang dari mana saja. Contohnya saja game Raid The Mice didapatkan selama hiburan sekolah bulan Desember 2011. Dan ternyata tidak hanya game bertema antokorupsi saja, ide lainnya berdatangan dengan tiga konsep permainan lainnya.  Namun hanya Raid The Mice saja yang mendapatkan perhatian nasional karena dipresentasikan di depan petinggi KPK pada waktu itu. Tiga game lainnya yakni Jengkol Jump, Ngupil, dan Disgusting Frog. Games ini tidak terlalu tersorot karena lebih menjadi proyek pribadinya Fahma. Konsep dari games itu sendiri sangat unik dan bermacam-macam.
Misalnya konsep dari Disgusting Frog  muncul karena Fahma tidak suka kodok. Games yang diberi nama lainnya, seperti Jengkol Jump merupakan game yang mengharuskan pemainnya mengendalikan jengkol yang bisa terus melompat dengan berpijak di atas daun yang muncul secara acak. Permainan akan berakhir bila jengkol tersebut tidak sempat berpijak lagi. Untuk game yang diberi nama ngupil, mengharuskan pemain menyentuh bakteri-bakteri yang menyebar dari tengah layar. Game tersebut dibuat Fahma secara sederhana.
Motivasi Fahma dan Ayahnya berharap kedepannya agar anak Indonesia mampu menjadi pembuat games dan tidak hanya menjadi penikmat atau pengguna saja. Tentu lebih bangga lagi bila dapat menggoreskan prestasi anak bangsa di kancah internasional. Dengan bekal impian ini mereka mendirikan SKACI, yaitu Sekolah Komputer Aku Cinta Indonesia. Di sini anak-anak bisa belajar komputer dengan materi yang tidak umum, seperti belajar animasi, belajar membuat games, dsb.
Keberhasilan yang dicapai Fahma tidak terlepas pula dari dorongan dan pengawasan kedua orang tuanya. Sebagai orang tua dari Fahma, mereka selalu memotivasi dan mengajarkan anaknya dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Mereka juga tidak apa. Apa yang muncul pada minat dan bakat anak-anaknya lah yang menjadi modal untuk dikembangkan. Makanya meski usianya masih amat muda Fahma Waluya mampu membanggakan Indonesia dengan prestasinya. HIM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar