about me

Rabu, 17 September 2014

Kediri Punya Cerita...

Pasti sobat-sobat di luar sana penasaran nih, apa aja sih yang ada di Kediri itu???
nah, sekarang aku mau bagi sedikit ilmu nih ke sobat-sobat semua..
Jawa Timur merupakan salah satu propinsi yang penduduknya terbanyak di Indonesia. Nah, Kediri adalah bagian dari Jawa Timur. Kediri punya dua wilayah, yaitu bagian Kabupaten dan Kota. Tempat tinggalku sendiri berada di Kabupaten Kediri, yang wilayahnya lebih luas dibanding kotanya.
Kediri merupakan salah satu wilayah yang tua. Sudah ada sejak dulu masih ada Kerajaan Airlangga. Dan sekarang Kediri berkembang pesat seiring perubahan zaman dan teknologi yang ada.
Sobat, kalian pada tau nggak kenapa Kediri di kenal dengan Kota Tahu??
Jawabannya, karena Kediri merupakan salah satu daerah penghasil tahu kuning atau kalau biasa disebut tahu takwa. Tapi bagi sobat yang kurang suka makan tahu langsung, di Kediri tahu biasa diolah menjadi stik tahu juga lhoo. Rasanya lebih gurih dan enak pastinya.
Ngomong-ngomong soal makanan, Kediri juga punya jajanan yang rasanya manis, yaitu gethuk pisang. Jajanan satu ini sering banget buat oleh-oleh orang yang setelah berkunjung di Kediri. Jangan tanya soal harga, kita nggak perlu merogoh gocek yang besar untuk membelinya. Nah, kuliner yang ada di Kediri juga banyak sekali macamnya. Ada Nasi Tumpang dan Pecel, Sate Bekicot, Soto Tamanan dan soto Branggahan. Kalo sobat di daerahnya ada nasi pecel, tapi jangan salah nasi pecel di Kediri rasanya beda, lebih enak dan punya kelezatan yang pasti bakal bikin ketagihan. Kediri punya daerah penghasil sate bekicot yang terkenal, yaitu Desa Jengkol. Tapi tenang saja, sate bekicot sekarang sudah bisa ditemukan di luar desa tersebut.
Wah, kalau udah bicara makanan, pasti bikin ngiler deh. Hehehe




Oh iya, Kediri juga punya tempat wisata unggulan lho. Antara lain yang paling terkenal gara-gara mirip salah satu monumen yang ada di Kota Paris, yaitu Simpang Lima Gumul (SLG). Kalau sobat main ke Kediri tapi nggak berkunjung ke maskot yang satu ini, pasti deh perjalanan sobat belum sempurna. Ada juga gunung api aktif yang tahun ini barusan meletus, Gunung Kelud. Walaupun sekarang kawasan Gunung Kelud terlihat seperti tidak ada kehidupan, karena kebanyakan masih tertutup pasir dan abu vulkanik. Tapi jangan salah, justru itulah yang membuat pemandangan di kawasan ini banyak diminati wisatawan. Selain itu ada juga tempat populer yaitu Kampung Inggris di Pare, Masjid Agung Kediri,  Goa Selomangkleng, Puh Sarang, Air Terjun Dholo, dan masih banyak tempat wisata cantik yang lainnya.
Ditanya soal kesenian dan budaya daerah, Kediri punya banyak. Kalau ibukota kita punya Abang dan None, di Kediri juga ada Panji dan Galuh. Event ini biasanya diadakan setiap tahunnya, yang diikuti oleh pelajar putra dan putri. Ada pula kesenian jaranan di Kediri. Pasti sobat udah sering denger istilah “jaranan” atau yang biasa disebut kuda lumping. Acara ini mulai banyak digemari masyarakat Kediri khususnya baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Jaranan sendiri biasa ditampilkan saat acara Agustusan, parade budaya, hajatan, maupun setiap hari jadi Kediri.  Yang nggak kalah unik lagi nih sobat, tradisi yang setiap tahunnya diadakan saat 1 Suro/Muharram bertempat di kaki Gunung Kelud juga menjadi salah satu agenda rutin daerah Kediri. Tradisi ini biasa berlangsung lebih dari tiga hari. Acara “larung sesaji” yang merupakan puncak tradisi ini tidak akan terlewatkan. Selain itu juga digelar parade budaya dengan menampilkan kesenian tari tradisional yang melibatkan ratusan orang serta pertunjukkan wayang kulit dua hari satu malam non stop.
Wah, banyak kan sobat hal-hal yang menarik dari daerahku Kediri. Tapi, sobat jangan khawatir bakal kehabisan cerita. Masih banyak hal yang belum sempat tercoretkan di post kali ini.
Dengan mengenalkan ini semua, berarti aku juga ikut bangga serta melestarikan keunikan tersendiri dari Kediri. KEDIRI BERSINAR TERANG.






HIM_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar